Sunday, October 8, 2017

Aku Benci KOMPUTER Pada awalnya .

Berbicara mengenai hal yang dibenci seseorang merupakan hal yang menyebalkan, membenci berarti tidak menyukai sesuatu atau mungkin maknanya lebih dalam lagi,

setiap manusia normalnya memiliki hal - hal yang ia benci dalam hidupnya, begitupun dengan saya.
akan tetapi pernah atau tidak kamu berpikir bahwa apa yang kamu benci akan muncul kembali di masa depan , tentunya menjadi hal yang lebih baik lagi, 

seperti kisah yang akan saya ceritakan berikut ini, semoga menjadi hal yang positif untuk kalian nantinya,

Saya Membenci Pelajaran Komputer.


Sumber Gambar Link


pada awal masuk SMP saya sangat membenci pelajaran komputer, saya sangat tidak memahami apa itu komputer, setiap jam pelajaran berlangsung saya selalu dirundung permasalahan tentangnya bagaimana cara saya bisa menggunakan alat ini,

teman teman saya berlawanan dengan saya, mereka sangat menyukai pelajaran komputer., mereka bisa mengoprasikannya dengan mudah, tanpa masalah dan sangat menyenangkan sepertinya.

pelajaran terus muncul setiap minggunya saya merasa malas untuk mengikuti pelajaran itu, tetapi apa daya, saya harus tetap ikut serta demi nilai yang perlu saya dapatkan,

padahal pelajarannya pun hanya mencakup kepada pengenalan fungsi dan penggunaan microsoft office, saya tidak bisa, mengapa ini begitu sulit gumam saya dalam hati ,saya membenci ini, apalagi jika sudah masuk bab microsoft word , dimana kecepatan mengetik saya di  uji disini,

materinya adalah menulis dan menyalin sebuah cerita dari buku yang telah guru sediakan.
saya tidak dapat fokus dengan apa yang saya tidak sukai, saya pun tidak mengerti apa yang membuat saya sangat tidak menyukainya .


Pelajaran dimulai .


saya hanya bisa menggunakan beberapa jari saya untuk menekan setiap huruf pada keyboard secara perlahan lahan.
satu persatu merangkai kata , menjadikannya beberapa kalimat dan sebuah paragraf .

meskipun menurut saya itu adalah usaha terbesar saya , ternyata teman teman saya jauh meninggalkan saya , mereka berhasil membuat cerita penuh dari beberapa lembar kertas dibuku itu, dan apa yang saya hasilkan ? satu paragraf dan beberapa kalimat.

perlajaran selesai dan saya lagi lagi tertinggal, berat rasanya mengalami hal yang seperti ini, tidak dapat mengikuti apa yang di ajarkan guru , dan merasa sangat sedih.

pelajaran pun terus berkembang, hingga masuk kedalam bab Microsoft Excel, bab yang menurut saya paling sulit dari pada mengetik sebuah cerita .

bagaimana tidak , materi pelajaran kali ini berhubungan dengan matematika dan angka serta penghafalan rumus rumus seperti mencari jumlah rata-rata dan penjumlahan , perkalian, pembagian, mencari nilai tertinggi, mencari nilai terendah. dan banyak lagi.

dan lagi-lagi teman saya bisa memahaminya, mungkin terlepas dari kebiasaan mereka yang sering beemain di warung internet (warnet).

dan yang menjadikan saya lemah adalah saya terlalu sibuk memikirkan kelemahan saya dan terlalu memikirkan apa yang teman teman saya bisa lakukan tanpa ada usaha untuk mengejarnya.

terlintas di dalam pikiran untuk pindah sekolah yang tidak memiliki pelajaran komputer , ya allah ampuni saya yang begitu putus asa, maafkan saya .



Tuhan Menjawabnya.


Benar benar kekuasaan tuhan yang luar biasa, entah dari mana pemikiran itu datang sehingga orang tua saya berniat untuk membelikan saya sebuah komputer pentium III beserta monitornya, bahkan kalau tidak salah orang tua saya sempat mengutang untuk pembayarannya.

meskipun demikian saya tetap tidak menyentuh sama sekali komputer itu , saya hanya menatap nya sesekali dan bertanya " Mengapa kini kau menghampiriku? apa mau mu? ".

Tuhan menjawabnya mungkin pikir saya, ia tak tega melihat hambanya yang putus asa dan ingin saya bangkit untuk menghadapinya.

alih-alih untuk belajar komputer saya tidak memnggunakan komputer yang saya miliki melainkan saya pergi bersama teman saya menuju warnet, bukan karna alasan, melainkan saya tidak dapat menghidupkan komputer di rumah saya.

Bermain Warnet Untuk Pertama Kali


Dengan gagahnya teman saya memberanikan diri untuk masuk ke dalam warnet tersebut, dengan saya yang mengikuti dari belakang dengan rasa aman.
setelah proses pembayaran selesai saya duduk berdua pada satu komputer, saya menyewa hanya 1 jam dengan biaya 3000 rupiah.

dengan lancar teman saya mulai menyalakan dan memainkannya , tapi ada yang aneh,
teman saya hanya termenung menatap layar monitor ,

tak lama kemudia dia bersuara '' kita mau nyari apaan ya ''
saya pun terkejut , ternyata teman saya kesini tanpa tujuan yang jelas dan karena hanya saya minta untuk menemani saya .

dan kami berdua bingung untuk mencari sesuatu menggunakan mesin pencari google, setiap artikel yang ingin kami telusuri selalu berawalan www. dan berakhiran .com tanpa mengetahui kalau itu merupaka sebuah alamat web tertentu saja,

dan akhirnya ada seseorang kakak yang mengarahkan kami untuk mencari sesuatu cukup hanya mengetikkannya saja tanpa alamat web ,

dan kami mencari dengan kata kunci '' mata di langit padang '' sebab pada waktu itu ini merupakan fenomena yang menggemparkan.

setelah hari itu berakhir saya memberanikan diri untuk selalu berkunjung ke warnet TAPI tidak sendirian saya selalu berdua.

seiring berjalannya waktu teman saya tentunya tidak akan selalu sempat untuk pergi menemani saya pergi kesana, pada akhirnya saya memberanikan diri untuk bermain warnet sendirian, saya lupa itu kapan, akan tetapi itu awal mula saya menyukai komputer.


Komputer dirumah yang berdebu


tak terasa berbulan bulan telah saya lalui dengan mengabaikan benda berharga yang telah orang tua berikan kepada saya, yaitu komputer pentium 3 .

saya sudah cukup berpengalaman dalam menggunakan komputer dan saya rasa tidak masalah jika saya mengoprasikan komputer saya dirumah.

WTF ...
kabelnya belom pada kepasang , haduh di warnet mah kabel udah kepasang semua .

saya mengrungkan niat saya waktu itu, dan meminta tolong kepada om saya untuk memberikan contnoh dalam pemasangan kabel dan proses penghidupan komputer

hari itu datang saya bisa mengoprasikan komputer dirumah saya, akan tetapi sebatas bermain game kartu sebab koneksi internet tidak terpasang disini.

Proses Belajar yang terus meningkat.

waktu terus berlalu entah sudah sejauh mana itu, saya sudah mulai terbiasa menggunakan komputer

Pada Saat SMK 


saya pada saat smk sering sekali memanfaatkian internet untuk belajar komputer secara otodidak.
dan bertepatan saya memebeli smartphone android galaxy young generasi pertama,
saya sangat gila teknologi waktu itu , saya berulang kali memodifikasi software pada handphone saya itu , tentunya dengan bantuan Komputer dan internet.

berulang kali bootloop berulang kali flashing dan terus menerus melakukannya , hingga saya mampu memporting sebuah Costumrom dari device lain berkat tutorial internet,

saya banyak belajar dari internet , bagaimana cara memperbaiki komputer , dan bagaimana cara memperbaiki handphone.

skill itu saya proleh hanya dari internet, bahkan untuk tingkatan sekolah saya selalu mendapatkan nilai yang cukup besar dalam pelajaran komputer, saya sangat handal bahkan terkenal di beragai kalangan siswa smk di sekolah saya, skill memperbaiki komputer dan hp tersebar dari mulut kemulut.

dan hal itu yang membuat saya berkembang dan memiliki penghasilan sendiri saat saya masih bersekolah , meskipun tidak saya meminta imbalan , mereka tetap memberi seadanya , apalah daya saya tidak dapat menolaknya hehe.

Lulus Dengan Nilai Komputer Tinggi rata rata 8.5


saya tidak mengetahui apakah saya yang memiliki nilai ujian tertinggi atau bukan yang pasti adalah saya puas dengan hasil itu .

menjadi andalan saat ada tugas terkait komputer merupakan hal biasa yang sudah saya lakoni selagi di kelas 1 smk.

bahkan untuk perbaikan komputer saya selalu di panggil kerumah rumah, untuk instal windows atau memperbaiki nya .

tapi saya lebih ahli ke dalam software saja , sebab hadware memiliki resiko tinggi.

bukan bermaksud sombong akan tetapi niat saya hanya memberi motivasi kepada kalian dalam hal belajar, semua itu bisa apabila kita memiliki niat untuk mempelajarinya , tuhan bersama orang orang yang mau berusaha.

Sesudah lulus saya pernah  bekerja sebagai teksini Konter  dan sekarang saya menjadi admin


ada pencapaian yang saya banggakan dalam pekerjaan ini, saya merupakan karyawan tercepat dalam proses penghafalan spek ratusan handphone bagi saya hanya butuh 10 hari, jika di bandingkan teman teman saya yang membutuhkan waktu 2-3 bulan atau bahkan 1 tahun.

dan saya merupakan karyawan yang mendapatkan kenainkan gaji tercepat.
akan tetapi setelah bertahun kerja saya memutuskan berhenti dan pulang ke jakarta
buat info saya bekerja di padang sedangkan semua keluarga saya di jakarta.

dan sekarang saya bekerja sebagai admin yang sehari harinya adalah mengoprasikan komputer .
saya pun sudah mengelola web saat masih duduk di smk kelas 1

yang saya pesankan disini adalah , komputer yang awalnya saya benci sekarang menjadikan saya orang yang memiliki kemampuan di atas rata rata , bahkan teman teman saya jauh di belakang saya , sekali lagi bukan bermaksud sombong nauzubillah , saya hanya ingin memberikan semangat agar apa yang kamu tidak sukai mungkin saja kedepannya menjadi tempat kamu mencari nafkah.


Disqus Comments