Sunday, April 2, 2017

Teknologi HP Dulu Vs Smartphone Sekarang

Dengan pesat nya perkembangan ilmu teknologi , kita tidak dapat memprediksi masa depan, inovasi-inovasi terus bermunculan setiap saat, dan terciptalah teknologi masa depan yang mampu mempermudah kita dalam kehidupan sehari-hari.

Siapa sangka dulunya teknologi ini hanya terjadi pada film-film saja atau angan angan kita dulu, namun pada akhirnya mampu terealisasikan ke kehidupan nyata.

Lantas apa saja teknologi itu? mari simak penjelasan berikut ini.

HP Layar sentuh

Toucsreen Image Source

Apa ini pemikiran saya saja? bagaimana dengan kalian? memiliki handphone yang canggih dan bisa dioperasikan dengan cara disentuh, banyak orang berfikir bahwa hal itu akan terwujud jauh dimasa mendatang.

Siapa sangka, ternyata dengan pengembangan pengetahuan, Touch Secreen atau layar sentuh lebih cepat dapat kita rasakan.

Berawal dari layar sentuh yang keras, yang mengharuskan penggunanya menggunakan ujung kuku untuk mendapat responnya, dan terus berkembang hingga sekarang yang jauh lebih canggih, lebih cerah, lebih sensitif, lebih tajam.

eeeiitssss.. tunggu dulu ternyata Ponsel dengan fitur touchscreen sudah pernah ada sejak 1994, yaitu IBM Simon Personal Communicator, tapi meskipun memiliki layar sentuh namun tidak seperti sekarang alias tidak berwarna tetep kelihatan jadul hehe

FingerPrint Scanner

Mengamankan ponsel dengan sidik jari? apa bisa? pertanyaan ini mungkin akan terlontar jika kita menanyakan hal itu pada saat dulu dulu, disaat mengunci layar hanya menggunakan tombol bintang dan paling aman mungkin menggunakan sandi dan pin untuk kode pengaman, lalu sekarang bagaimana? menggunakan sensor sidik jari untuk membuka kunci layar? handphone seperti itu sudah menjamur di masa ini, menurut info yang saya dapatkan dari Wikipedia, smartphone pertama di dunia yang sudah menanamkan fitur fingerprint scanner ialah Motorola Mobility Atrix 4G yang di rilis pada tahun 2011 silam.

Sidik Jari Image Source


Meskipun sudah mulai ada pada tahun 2011, hanya saja penggunaan sensor ini baru  populer sejak di gunakan oleh iPhone 5s  pada tahun 2013, dan sudah mulai banyak digunakan pada smartphone kelas menengah sejak sekitar tahun 2015 lalu hingga sekarang.

Apa saja sih fungsi dari FingerPrint scaner ini?
secara umum ada beberapa kegunaan fitur ini seperti :

Membuka Kunci Layar
Membuka Kunci Aplikasi ( Galleri, Folder, Kamera, BBM, Whatsapp, Line dan lain lain)
dan untuk Smartphone brand oppo sidik jari dapat membuka langsung aplikasi.

Lalu penasaran gak? gimana sih cara kerjanya?
secara gampangnya ya sobat, si fingerprint ini bekerja dengan cara "merekam" sidik jari seseorang, lalu menyimpan data nya.
setelah itu jika si pemiliki ingin membuka kunci layar HP nya Sensor akan melakukan identifikasi dengan mencocokkan data yang telah tersimpan sebelumnya, Jika dinyatakan sama, maka secara otomatis ponsel akan terbuka.

Keunggulan nya

Berbeda dengan sistem angka atau pattern (pola garis), orang tak bisa meniru sidik jari, jadi sistem keamanan seperti ini tidak mudah untuk dibobol.

Kekurangannya
Sayangnya, teknik ini memiliki beberapa kekurangan. Pola sidik jari yang didapat sangat bergantung pada kondisi kulit telapak jari. Jika jari kotor atau kulit sedang terkelupas, misalnya, pemindai bisa saja gagal mengenali sidik jari. (Sumber : Kompas.com)

Kamera Resolusi Tinggi? tidak masalah

Kamera Image Source

Pernah punya hp dengan kamera ? jaman dulu brand yang paling inovatif adalah Nokia, mereka berhasil menghadirkan ponsel yang canggih, termasuk fitur kamera di dalamnya, tahu gak sih berapa resolusi tertinggi saat itu? palingan 0.3 MP, 2.0 MP dan 5MP namun sekarang ? 42MP resolusi kamera ! wow !

Bahkan Smartphone sekarang memiliki mode manual dimana kita mampu mengaturnya seperti halnya pada kamera digital seperti ISO, Shuter Speed, Focus, dll .
yang saya suka dari kemajuan ini adalah, saya dapat memoto bintang pada saat malam hari , bahkan beberapa bintang nampak jelas pada hasil foto padahal jika dilihat mata telanjang tidak nampak.

Ram Besar Dan Processor Mumpuni

Processor Image Source

Untuk kalian sobat pencinta gamming pasti ini hal yang kalian impikan, hayoo ngaku!
memiliki handphone spesfikasi tinggi guna bermain game,

Maupun untuk kalian yang suka multitasking, menjalankan aplikasi secara bersamaan, tentunya itu akan membutuhkan ram besar , layak nya Perangkat Komputer .
kini Smartphone sudah mendekati PC dengan ram yang besar , sebesar 6 GB untuk Nokia 8 dan Processor Deca-Core 10 Inti kerja punya Xiaomi Note 4 , dan juga Chipset Snapdragon 825 punya Samsung S8

Spek mumpuni banyak game dengan Grafik tinggi untuk siap kamu mainkan lho,

Begitu pula dengan penambahan GPU dan Internal yang besar,

Memori 256MB, 1GB ?

Mengingat kebutuhan yang semakin bertambah, kini penyimpanan tidak sebesar dulu yang berbentuk besar tapi berkapasitas kecil.

Sekarang memori berukuran Micro dengan kapasitas terbesar saat ini 256GB wow!

Mantap bukan.

2G, 3G, 3G+ selanjutnya ? 4G LTE


Pernah gak kalian ngebayangin peningkatan kualitas jaringan internet, dulu kita hanya bisa merasakan internet menggunakan HP jadul yang mampu mengakses internet dengan kecepatan GPRS yakni di Bawah 2G pasti lemotnya minta ampun, mau akses ini, mau buka itu lama dan terkadang malah tidak dapat terbuka, lalu bermunculan lah jaringan 2G terus menerus hingga sekarang 4G meskipun masih belum 100% menyeluruh namun untuk saya yang tinggal di kota , lebih merasakan dampaknya dan seharusnya kita lebih bersyukur atas nikmat kemajuan teknologi ini, kepada tuhan yang maha esa , atas kasih sayang dan sumber ilmu nya.

itulah beberapa perbedaan teknologi dulu vs sekarang, betapa cepatnya waktu berlalu tanpa kita sadari kita sudah berada dimasa ini , jika kita ingat kembali kita sedang berada di masa depan , untuk kita yang berada di masa lalu, semoga bermanfaat

Adbox