Wednesday, April 5, 2017

Mengapa Silent Reader Dibenci? Ini Penjelasannya

Silent Reader - Bagi kamu yang aktif di dalam dunia interenet pasti mengenal istilah dari Silent Reder atau setidaknya sudah pernah mendengarnya, namun kamu tau gak sih apa itu? kalau di artikan kedalam bahasa indonesia Silent Reader memiliki arti "Pembaca Diam" secara mudahnya mereka ialah orang-orang yang berada di dalam komunitas, grup, atau hanya sekedar pembaca di internet, hanya membaca, tanpa memberi tanggapan apapun mengenai isi sebuah web,

untuk sebagian pemilik website terkadang hal ini sangat menjengkelkan, dan tidak sedikit pula yang membeci para pembaca diam ini,
dikarenakan mereka membaca tanpa berkomentar, dan tidak memberi respon apa-apa.
meskipun tidak semuanya seperti itu, jelas hal ini tergantung kepada pandangan mereka masing masing mengenai Pembaca jenis ini.

lalu bagaimana sikap dan pandangan kalian pribadi mengenai pembaca diam ini, dari sebagian besar pengunjung blog 99% adalah silent reader.

banyak faktor mengapa prensentasenya bisa sampai setinggi itu, dan bisa dibilang itu adalah wajar.
terkadang para pembaca secara tidak sadar dan hanya membaca, tetapi itu wajar saja, mungkin di dasari latar belakang yang memang tidak terbiasa untuk berkomentar atau memang tidak ada yang perlu untuk di komentar,

sejatinya para pembaca itu luas, siapa saja dari kalangan apa saja, dan umur berapa saja, mereka tidak memberikan respon bukan berarti tidak menghargai hanya saja caranya yang berbeda, karena tidak semua pembaca mengetahui dan tidak pula diwajibkan bagi mereka untuk berkomentar , memang seperti itu hakikatnya.

lalu bagaimana agar orang bersedia dengan sendirinya untuk berkomentar ?

sebenernya tujuan utama saya bukan memberikan cara bagaimana akan tetapi lebih tepatnya memberikan jawaban atas pertanyaan mengapa suatu blog memiliki banyak komentar "Seperti itu".


Kualitas Blog

Perlu kamu ketahui sebaiknya daripada mikirin tetang komentar mengapa tidak ditinggkatkan terlebih dahulu kualitas blog yang kita kelola, anggap saja web itu adalah taman bermain dan pembaca adalah anak-anak yang ingin bermain , bagi mereka tempat yang asyik tentunya akan membuat mereka nyaman untuk bermain dan terus berlama lama meghabiskan waktunya, 
karena mereka menemukan apa yang di cari dan di inginkan yaitu bermain, lalu bagaimana dengan taman kita? apakah dapat membuat nyaman mereka atau tidak dan itu tergantung kualitas tadi.
jika bagus menurut mereka, dengan begitu si anak akan terus datang lagi, lagi dan lagi semakin bertambah setiap waktu, akhirnya tanggapan itu akan datang secara sukarela.

kualitas blog juga bergantung terhadap bahasan dan artikel didalamnya tidak semua bahasan perlu dikomentari seperti contohnya "Apa Itu Pengertian TWRP"
dan isinya pun menjelaskan tentang twrp anggap saja sudah secara detail dan mudah dipahami lalu apalagi yang perlu di pertanyakan ? dan tidak semua pengunjung akan memberi respon seperti " bagus artikelnya " atau " Pertamax " dll.

Jumlah Pengunjung 

Setelah kualitas kita terbangun, maka akan hadir para pengunjung secara berkala dan secara otomatis akan membuka peluang tanggapan yang lebih banyak nantinya, setidaknya dari 100.000 orang ada satu yang akan memberi komentar atau respon

dan sekarang sedikit kita mengerti mengapa blog ini sepi komentar? mungkin artikel saya sudah jelas dan cukup membantu
jangan berfikir negatif dan jika iya segera perbaiki, contohnya "apa blog saya tidak berkualitas"  dan itupun akan berpengaruh terhadap kunjungan , jika mendapatkan satu komentar membutuhkan 100.000 pengunjung lalu hanya dengan 5 orang tentunya hanya sedikit peluang jadi kita seharusnya sudah bisa mengkondisikan.


Silent Reader Image


Kalau Tanggapan Mas Benny Gimana?


Kalau tanggapan pribadi saya, tidak masalah.
mengapa? sebenernya sih saya tidak pernah memaksa para pengunjung blog untuk selalu berkomentar, jika ada yang syukur alhamdulillah, jika tidak ada ya tidak mengapa.
setidaknya mereka hadir dan memberikan saya kunjungan, saya senang.
itu tidak menjadi penghalang saya untuk tetap menulis, karena dari awal saya menulis untuk membantu dan setidaknya memberikan bahan bacaan untuk para pembaca, saya pun terbantu dengan menulis, melepaskan apa yang ingin saya katakan,

berkomentar atau tidak nya itu adalah hak masing-masing dari pembaca saya, jadi ya terserah kalian aja .

tapi setidaknya memang ada baiknya juga untuk ikut berkomentar atau memberi tanggapan lain entah itu membagikan artikel atau merekomendasikan kepada orang lain, sekedar keritik pun tidak apa.

selain dapat menjalin komunikasi , dan silaturahmi, terkadang dengan bantuan para pembaca, penulis web dan blog bisa mengerti apa kekurangan dari tulisan dan web sitenya,

seperti contoh, Navigasi yang sulit, ataupun tampilan yang sangat membosankan , semua itu akan menjadi masukan yang amat penting bagi saya dan yang lainnya.

jadi untuk teman-teman , jangan berkecil hati jangan juga untuk saling menyimpan dendam, sebaiknya kita saling mengkoreksi diri masing-masing agar dapat lebih baik kedepannya .

dan untuk pembaca saya yang jumlahnya tak terhingga, kalian sangat berharga dan saya mengucapkan terimakasih atas ketersediaan kalian untuk selalu ataupun sesekali membaca artikel di blog saya.

Adbox