Thursday, March 30, 2017

Tutorial Flashing Samsung Galaxy J1 SM-J100H PC

Tutorial Flashing - berikut ini saya ingin membagi langkah-langkah untuk melakukan instalasi ulang Operasi System (OS) pada Smartphone Android Samsung Galaxy J1 SM-J100H 

Caranya pun cukup mudah untuk diterapkan, untuk itu kalian hanya perlu menyimak dengan seksama agar tidak terlewat satu langkah pun, sebab jika kalian tidak melakukannya dengan teliti maka tidak akan berhasil melakukan flashing



sebelum melakukan eksekusi kalian harus mempersiapkan beberapa bahan perlengkapan Hardware terlebih dahulu sebagai berikut :

  • Handphone yang bermasalah ( Bootloop, Lupa Email, Lupa Sandi, Hard Brick, Dll.)
  • Kabel Data yang cocok 
  • Komputer minimal pentium 4 Ram 1GB lebih tinggi lebih bagus
sekarang masuk ke langkah menyalakan Komputer .
sudah ..

buka browser, pastikan kalian memiliki koneksi internet, jika kalian tidak memiliki komputer dan koneksi internet kalian bisa pergi ke warnet .

download bahan-bahan Software terlebih dahulu :

kalian bisa mendownload bahan bahan diatas sesuai selera dan cari yang versi terbaru, terutrama untuk frimware (religion) itu berfungsi untuk bahasa nantinya pilih yang Indonesia untuk dukungan bahasa Indonesia

  1. Langkah selanjutnya Ekstrak semua perlengkapan 
  2. Lalu instal Samsung Usb Driver
  3. Pegang Handphone dan masuk kedalam mode download dengan cara tekan tombol power + vol bawah+ home secara bersamaan hingga muncul segetiga peringatan warna kuning dan tekan tombol vol atas untuk mode download ! dan vol bawah untuk memulai ulang ( reboot)
  4. Masuk mode download vol atas lalu koneksikan HP ke Komputer menggunakan kabel data
  5. Buka Odin V3.09 dan jalankan
  6. Pastikan Android kalian terbaca dengan tanda ID:COM 
  7. Jika sudah masukan File Frimware AP Ke dalam Odin gambar diatas
  8. Klik Start
  9. Tunggu Hingga selesai
  10. Selamat Handphone kalian berhasil di Flasing
jangan lupa kalian harus melakukan flashing sesuai dengan prosedur atau langkah langkah yang saya berikan, dikarenakan jika dalam tahap penginstalan melalui odin mengalami gangguan maka handphone akan mati total atau bootloop, dan semua itu diluar tanggung jawab saya, bukannya nakut nakutin ya.

jika ponsel tetep tidak berpengaruh "Khusus Kasus Bootloop" ada kemukinan kerusakan pada bagian yang lain atau hardware sebab artikel saya ini, memperbaiki secara software.
lebih baik jika kalian sudah mengetahui apa penyebab utama kalian melakukan flashing pada handphone sebelum eksekusi, tidak semua kerusakan bisa diperbaiki dengan cara instal ulang os untuk tiu mari simak beberapa penyebab kerusakan dan indikasinya .

Penyebab Kerusakan  Software atau Hardware?

cari asal usul kerusakan itu berasal, contohnya jika kalian sebelumnya ingin meaikan versi lalu tiba tiba baterai habis, kemudian handphone mati dan seketika setelah dihidupkan hanya muncul pada logo samsung saja, berarti ada kerusakan pada software.

Kerusakan software pada umumnya :


Gagal Upgrade Versi Android
Gagal Memasang Costum Rom
Gagal Memasang TWRP/CWM
Gagal Memasang Aplikasi
Gagal Merubah Font ( gaya huruf )
Kebanyakan Aplikasi Lemot dan Mati
Pemasangan Aplikasi Tidak Cocok
Gagal Root
Melakukan Swap Ram
Menghapus Aplikasi Sistem

( Jika kalian memiliki pengalaman lain boleh kirim ke saya via hubungi saya atau komentar)

Kerusakan Hardware pada umumnya :


Memainkan hp sambil di charger lalu mati dan bootloop
Sering mencabut baterai tanpa mematikannya terlebih dahulu
tercebur kedalam air
terjatuh dengan keras
tertindih atau tertimpa
di charger semalaman dan paginya langsung mati

( untuk kasus kerusakan hardware lebih baik kalian lakukan perbaikan melalui teknisi )

Terkadang memang gejala-gejala kerusakan software mirip dengan hardware namun penanganan nya lain, contohnya aplikasi banyak yang terhenti, jika berbicara tentang masalah pada aplikasi kebanyakan akan berfikir kerusakan mengarah ke system atau software namun gejala itu sama juga dengan kerusakan pada EMMC Internal ( Hardware) apabila memang kerusakan pada emmc kalian flashing maka ponsel akan mati total, padahal sebelumnya masih bisa nyala tapi banyak aplikasi terhenti saja, karena penanganan yang tidak sesuai maka akan berefek sebaliknya.

Demikian cara flashing yang saya bagikan semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian semua


    Adbox