Thursday, October 15, 2015

Beberapa Tips dan Trik Berguna Untuk pengguna Smarphone Android pemula


Apakah kalian baru saja membeli  sebuah ponsel Android dan ini adalah kali pertama kalian menggunakannya , kalau benar begitu kalian perlu mengetahui beberapa tips dan trik yang dapat membantu kalian menggunakan ponsel android
Dalam artikel saya kali ini, kita akan membahas  beberapa tips dan trik  Android yang  berguna dan dapat meningkatkan pengalaman kalian saat menggunakan perangkat Android. 
Namun sebelum itu perlu kalian ketahui  langkah-langkah pada artikel ini mungkin akan sedikit berbeda dari satu ponsel Android dengan ponsel  yang  lain ataupun dengan ponsel kalian karena perbedaan dalam versi Os dan jenis  pengembang Os, tetapi tenang aja bisanya nggak terlalu jauh berbeda mungkin dari segi tampilan dan letak nya aja yang beda kalau begitu langsung aja

Android

Nonaktifkan Pemberitahuan Aplikasi




Jika kalian terus terganggu dengan adanya pemberitahuan yang masuk seperti pemberitahuan game ataupun aplikasi  seperti email , twiter , facebook dan lain lain  yang menurut kalian itu sangat menganggu , kalian dapat menyembunyikan pemberitahuan tersebut  , mengapa harus di sembunyikan ?  jika kalian bertanya demikian , baiklah saya akan menjelaskannya
Tahukah kalian bahwa pemberitahuan aplikasi ini juga menghabiskan  baterai ponsel  kalian , tidak hanya itu data kota internet kalian juga akan terkuras oleh pemberitahuan yang datang dari aplikasi media sosial dan juga game online  Jika kalian ingin mematikannya, ikuti langkah langkah nya untuk ponsel yang memiliki OS Jelly Bean 4.1 dan di atasnya, begini caranya:
Pilih aplikasi yang kalian ingin matikan pemberitahuannya jika sudah Masuk ke pengaturan dan ikuti langkah berikut :
-    Pengaturan
-    APP
-    Cari aplikasi yang kalian ingin hapus pemberitahuannya
-    Pilih aplikasi tersebut
-    Di bawah pilihan copot pemasangan ada ceklis Tampilkan Pemberitahuan , jika iya hapus ceklis tersebut
Cara kedua Jika kalian tidak tahu aplikasi mana yang menimbulkan pemberitahuan
Tunggu hingga muncul di status bar pemberitahuan yang kalian tidak ketahui aplikasinya , tekan yang lama pada pemberitahuan tersebut dan pilih informasi aplikasi.
Jika sudah > hapus ceklis Tampilkan Pemberitahuan > pilih ok  selesai  .
Data Seluler / sambungan internet
Setiap kali kalian tidak menggunakan data seluler,  kalian dapat menonaktifkan Data seluler tersebut karena  dapat membantu menjaga baterai smartphone kalian dari penghasbisan yang  terlalu cepat. Menonaktifkannya pun sangat mudah seperti :

Masuk ke Settings > penggunaan data.
Menonaktifkan mobile data dengan Toggling pengaturan dari ON ke OFF.

Menonaktifkan data seluler melalui status bar
Tarik statusbar di sana ada data seluler tap dan pilih matikan atau hidupkan

Set batas Penggunaan sambungan data internet
Ingin mengetahui  seberapa besar  penggunaan kouta data internet kalian perbulannya? Jika kalian  memiliki  ponsel  yang ber Os ICS dan di atasnya, ada fitur yang memungkinkan kalian melihat  berapa banyak kuota yang telah terpakai .

Cara menentukan batas data internet  dengan menarik  garis oranye untuk menentukan batas penggunaan  kuota data internet bulanan kalian.
Kalian  akan diingatkan  setelah kalian mencapai batas penggunaan  yang telah ditetapkan.
Perhatikan bahwa penggunaan data dilacak dari ponsel kalian mungkin sedikit berbeda dari pelacakan operator yang kalian gunakan.

Cara  menambahkan  Beberapa Akun Google

Kalian  memerlukan akun Google untuk menggunakan ponsel Android tetapi apakah kalian  tahu bahwa kalian  dapat  menjalankan lebih dari satu akun Google pada perangkat Android kalian.
Untuk menambahkan beberapa akun Google:
Buka Pengaturan > Tambahkan akun.
Pilih Google dan setup akun Google baru atau yang sudah ada .
Setelah ditambahkan, setting apa yang di inginkan untuk melakukan sinkronisasi dengan account.

Ulangi semua langkah di atas jika kalian ingin menambahkan lebih banyak akun.
atau kalian bisa membaca artikel saya yang sebelumnya disini :

Cara  Nonaktifkan otomatis App Update

Pernahkah ponsel kalian memperbarui  beberapa aplikasi yang ada pada ponsel kalian tanpa izin ? dan langsung saja mengunduhnya ini sangat menyebalkan mengingat kita tidak memiliki banyak kota data internet dan habis hanya untuk memperbarui aplikasi saja , jika kalian kesal langkah yang  perlu kalian lakukan adalah menonaktifkan update aplikasi otomatis kalian tentu saja .
Berikut adalah langkah-langkahnya :
Buka  Play Store dan pergi  ke Settings.
Tekan pada Pembaruan aplikasi.
Pilih Jangan auto-update aplikasi.
Jika kalian ingin mengaktifkan update otomatis, mengikuti jalan yang sama dan memilih aplikasi Pembaruan setiap saat atau melalui Wi-Fi (tersedia untuk perangkat Android tertentu saja).

Untuk memperbarui aplikasi secara manual, kalian hanya membuka Play Store, dan di halaman utama dari kiri dan tekan pada aplikasi saya.
Kalian  dapat menekan pada aplikasi dengan update tertunda dan memperbarui secara manual, atau jika kalian  ingin memperbarui semuanya sekaligus, tekan pada Perbarui Semua.

Cara Memeriksa Pembaruan OS Android

Meskipun tidak semua ponsel android menerima pembaruan System
Untuk pengguna Android yang menggunakan stock ROM, kalian  mungkin ingin mencari update baru untuk sistem kalian seperti Os Jelly Bean Update Ke Os Kitkat .
Untuk memeriksa pembaruan:
Pergi ke Settings > About phone / tablet.
Tekan pada update sistem.
Tekan Periksa sekarang untuk mencari pembaruan sistem.
Atur Homescreen Shortcuts Dengan Folder

Setelah kalian  memiliki banyak aplikasi yang diinstal, homescreen kalian  mungkin diisi dengan shortcut aplikasi.
Berbeda dengan Folder  aplikasi,aplikasi di Home Screen tidak disusun menurut abjad.Jadi, kalian  mungkin ingin membuat beberapa folder untuk cara pintas mengakses aplikasi di  homescreen kalian .
Dengan asumsi kalian  memiliki lebih dari beberapa shortcut sudah di homescreen kalian, tekan lama pada salah satu jalan pintas dan drag ke shortcut lain.
Sebuah lingkaran seharusnya sekarang muncul di aplikasi, menunjukkan bahwa folder yang telah dibuat.

Dengan menekan pada folder yang baru dibuat, jendela mini akan muncul dengan aplikasi kalian di dalamnya.
drag dan drop aplikasi tambahan ke folder jika kalian suka.
Kalian juga dapat mengubah nama folder dengan menekan pada area teks di bagian bawah jendela mini.

Bagaimana Turn Off Auto-Correction


Auto Correction biasanya sangat mengganggu bagi sebagian orang , karena apa yang ingin di tulis terkadang di koreksi terlebih dahulu sehingga menimbukan kata yang berbeda dari kata yang ingin kita tampilkan , ini terjadi di saat kita ingin mngetik kata atau kalimat di pesan  atau kata kunci saat browsing di internet , jika kalian ingin menonaktifkan Auto-Correction
Pergi ke Settings > Language & input.
Tekan pada pengaturan ikon di sebelah keyboard yang kalian  gunakan, misalnya Google Keyboard.
Carilah Auto-koreksi dan tekan di atasnya.
Pilih Off untuk mengaktifkan auto-correction off.
Adbox